Posts

GIVEAWAY: Cahaya untuk Tegar (Nuri Thakya)

Image
Hallo. Kali ini saya akan mereview novel yang sebenarnya bukan genre saya. Wkwkwk. Iya, saya kan sukanya thriller mistery sejenis itu lah. Tapi, penulis buku ini request langsung. Jadi saya mau coba mereview genre fiksi romance religi inspiratif yang satu ini. Anatomi buku: Judul: Cahaya untuk Tegar Penulis: Nuri Thakya Penerbit: CV Kreator Cerdas Indonesia Tahun terbit: 2021 Jumlah halaman: 501 Dimensi: 14,8 x 21 cm Harga normal: Rp 77.000 Btw, sempat kaget juga saat tau penulis tinggal di daerah yang sama dengan saya, Ciparay Kabupaten Bandung. Tadinya penulis mau mengantarkan novelnya langsung ke rumah, tapi entah kenapa jadinya dikirim melalui kurir. Okay, awalnya novel ini terasa memiliki alur yang lambat. Harus sabar sampai bertemu dengan klimaksnya. Jadi penasaran sebenarnya novel ini tuh cerita asli penulisnya atau bukan, karena seperti membaca diary. Bentuk tulisannya diary banget. Tokoh utama adalah orang pertama Aku. Alurnya cukup panjang. Dari mulai masa SMA, kerja, menikah

Pernikahan yang Tak Sempurna (Rika Subana)

Image
Don't judge the book just from the cover. Dulu awalnya mengira novel ini tuh genre romance semata. Sampai penulisnya share link beberapa chapter dan saya membacanya. Lalu, akhirnya saya penasaran dong kelanjutannya seperti apa. Karena ternyata ceritanya membuat radar detektif di otak ini berbunyi. Saat awal-awal sempat kaget, lho kok horror sih. Hihihi. Iya, beberapa bagian di novel ini ada yang bikin bulu kuduk meremang. Apalagi kalau membacanya tengah malam dalam kondisi hanya diri sendiri yang masih terjaga. Tapi ternyata bukan horror, melainkan lebih ke bahasan psikologis. Saya jadi belajar banyak tentang penyakit-penyakit jiwa seperti PTSD, somatoform, dan obat-obatan untuk meredam gangguan kejiwaan pasien.  Anatomi buku: Judul: Pernikahan yang Tak Sempurna Penulis: Rika Subana Penerbit: KataDepan Tahun terbit: 2018 Jumlah halaman: viii + 304 Dimensi: 13 x 19 cm Harga normal: Rp 75.000 Novel ini bercerita tentang As Satria yang merupakan seorang guru agama di Sekolah Dasar yan

Berbenah Sadis (Rika Subana)

Image
Okey, buku ini belum ada sebenarnya. Jadi saya tidak bisa mereviewnya sekarang. Tapiiii.. Dapat bocoran dari penulisnya yang merupakan Top Mentor KBS (Kelas Berbenah Sadis) bahwa isi buku ini 90% materi KBS. Jadi tentu saja saya bisa meraba-raba seperti apa isinya. 😁 Dan saya sangat merekomendasikan buku ini sama seperti merekomendasikan kelasnya. Bagaimanapun juga saya tidak bisa spoiler materi kelasnya. Jadi, saya kasih blurb buku ini saja ya. 🤭 BLURB BERBENAH SADIS   Semua orang pasti mau berada di  rumah yang rapi, bersih, dan nyaman sepanjang hari. Namun, berapa kali pun berbenah, rumah tak kunjung rapi, kadang hanya bertahan sebentar.  Banyak alasan yang menghalangi kerapian rumah, dari anak-anak yang tak berhenti beraktivitas, waktu yang tak cukup, banyaknya barang, juga ketidakkonsistenan untuk melakukannya. Rumah yang rapi pun akhirnya menjadi sekadar impian karena terasa sulit dilakukan.  Tahukah Anda bahwa berbenah adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Berbe

Jurnal Menulis (Gita Romadhona)

Image
Ini buku yang menarik untuk saya yang sedang belajar "menulis". Seharusnya tidak kaget ya saat melihat isinya lebih banyak lembar bergaris yang kosong untuk kita tulisi. Judulnya juga Jurnal Menulis. Yang bisa dibaca hanya sekitar 20%, sisanya adalah lembar untuk praktek kita menulis. Saat membaca buku ini, entah kenapa saya teringat dengan Bu Enung, salah satu guru Bahasa Indonesia favorit saya ketika SMA kelas X. Dulu beliau pernah membacakan sebuah cerita yang dipotong dan meminta kami menuliskan kelanjutan cerita itu sesuai imajinasi masing-masing siswa. Ketika kami membacakan hasil tulisan kami, ternyata tiap siswa punya cerita yang berbeda-beda. Beda kepala, beda cerita. Saya ingat dulu menuliskan tentang alien. Hahah.  Di buku ini terdapat 100 ide yang bisa kita kembangkan. Dan saya yakin, kalau tiap orang yang punya buku ini dipertemukan, dari satu ide di buku ini akan menjadi beragam cerita. Dikalikan 100 ide. Wow. Anatomi buku ini: Judul: Jurnal Menulis (100 Ide Lat

GIVEAWAY: Derana Antologi Puisi (Karya 80 Guru Nusantara)

Image
Masya Allah.. Alhamdulillah. Buku antologi pertama saya yang terbit. Ini karya 80 guru Nusantara yang mengikuti kelas menulis. Awalnya kami (lebih dari 500 peserta) ikut kelas menulis daring cerita anak dan dongeng, lalu di akhir diumumkan akan ada kelas menulis puisi. Saya ikut kelasnya, dan tidak menyangka kalau akan dibukukan. Surprise ini tuh dari tim SIP Publishing. Bagi saya pribadi, sebenarnya tidak terlalu paham dengan puisi. Ya, saya bukanlah seorang pujangga. Wkwkwk. Tapi saat SMP, teman di BRIGARA (Brigade Gabungan Siswa Pengibar Bendera) punya bakat mengagumkan dalam membaca puisi. Saya ingat namanya Tata, lupa kepanjangannya. Dia membuat saya merinding saat membawakan puisi Aku karya Chairil Anwar. Dan bukan hanya saya, orang yang melihat dan mendengarnya membawakan puisi pasti terpesona. Sekolah juga menampilkan dia saat upacara karena sering memenangkan perlombaan puisi. Saat itu saya tidak menyangka remaja mungil itu bisa menguasai satu lapangan sekolah hanya dengan mem

Cerita Sebelum Bercerai (Fahd Pahdepie)

Image
Saya waktu itu liat promo buku ini dengan caption yang menarik perhatian: Perceraian memang merupakan tema yang jarang kita bicarakan, meski sebenarnya sangat penting. Saya yakin hampir semua ikatan pernikahan pernah melahirkan wacana perceraian, apapun alasan dan latar belakangnya. Kalau boleh menggeneralisir, semua orang yang menikah pasti pernah berpikir untuk bercerai, kan? (halaman vi) Saat itu saya tidak sedang berpikir untuk bercerai, tapi penasaran dengan generalisasi itu. Karena saya memang pernah berpikir tentang perceraian. Suami dulu juga pernah cerita kalau dibenaknya pernah terlintas untuk bercerai. Nah saya mau tahu apakah semua pasangan yang sudah menikah benar-benar pernah ada pikiran untuk bercerai? Jadilah saya ikut pre ordernya. Anatomi buku Judul : Cerita Sebelum Bercerai Penulis : Fahd Pahdepie Penerbit : Republika Tahun terbit : 2020 Jumlah halaman : xii + 241 Dimensi : 13,5 cm x 20,5 cm Harga normal : Rp. 79.000 Setelah baca buku ini sampai selesai, saya merasa

Couple's Recipe (Lydia Susanto)

Image
Ini buku lama tapi baru saya review. Waktu itu lagi ngajak anak main di Ubertos.  Eh ada Gramedia corner dong. Akhirnya saya menelusuri tiap bagiannya  dan  nemu buku ini. Buku yang menarik dan unik. Bukan buat dibaca sebenarnya. Lebih cenderung ke buku aktivitas. Banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan bersama pasangan dengan buku ini. Anatomi buku: Judul: Couple's Recipe Penulis: Lydia Susanto Penerbit: PT Elex Media Komputindo (dicetak oleh Gramedia) Tahun terbit: 2018 (cetakan kedua) Jumlah halaman: 66 lembar (jadi berapa halaman tuh) Dimensi: 15,5 cm x 23,7 cm Harga normal: Rp 114.800 Buku ini benar-benar menyenangkan dan mengasah kreativitas kita. Btw, dalemnya pake bahasa Inggris meski yang nulis orang Indonesia. Di awal-awal halaman ada dua lingkaran kosong berisi dua kepala tanpa wajah dan rambut. Kita gambarin pake muka kita terus tulis nama kita dan pasangan dibawahnya. Lalu ada preparation, tentang cara menggunakan buku ini. Ada enam aturan dalam penggunaan buku